Apr 7, 2013

Berenang on the story

Ketika bayi sebenarnya Rafa seneng sama air, tapi menjelang dua tahunan ke atas, karna mungkin  badannya yg dah mulai gede bak mandinya dah kekecilan jadilah dia makai aer seperlunya aja. menginjak usia 4 tahunan aku mulai mencium gelagat Rafa takut sama air. waktu di pemandian cokro, pertama kali Rafa berada di kedalaman air, dia sangat ketakutan bahkan menjerit histeris minta kembali kedaratan. 


pernah pula suatu ketika, di sekolah dia biasanya sebulan sekali ada acara berenang, aslinya sih kadang cuman maen-maen air doank, kalo bener2 dijarin ya ngga juga, nah pas anak-anak lagi pemanasan dia masih enjoy...dan ketikamulai nyemplung-nyemplung rafa nangis lagi histerissssss...gak karuann, padahal ee padahal tinggi airnya cuman selutut atas dikit ukuran orang dewasa. rafa bilang sih airnya bauuu. setelah itu rafa selalu enggan kalo ada yang ungkit-ungkit masalah kolam renang.


berhari-hari, berminggu minggu bahkan berbulan-bulan, si emak yang pantang menyerah ikie mulai mendoktrin isi kepala anaknya.
salah satu bunyinya;
saat lagi nyantai-nyantai..selalu bilangin berenang itu asik, olah raga yang paling bagusss...gak gampang sakit, badan juga bisa tambah tinggi lo...
ketika nonton bersama tiba-tiba liat berita banjir 'nahh...tuu airnya ampe ke telinga orang gede, lhaaa...rafa kan masih kecil gimana ngapungnya yakk...?'


hingga akhirnya dua mingguan yang lalu dia pun 'ikhlas' di ajak ke kolam renang.


pelajaran renangpun di mulai
*hari pertama
pinjem pelampung yg sebadan dolo sama temennya, dan memberi kepercayaan penuh pada rafa, bahwa sedalam apapun airnya, dia gak akan tenggelam.
kolam yang di tuju, Tirto Molyo, manahan. berangkat rombongan sama nini juga ngajak alfie. pemanasan dolo... trus mulai nyemplung. even udah pakai pelampung rafa berpegangan erattttttttttttttttttttttttttttttt bangetttt di tangan emaknya, seolah-olah kek mo di terjunin dari lantai 17. berkali-kali dia bilang 'mama..jangan di lepasin yahh..jangan di lepasin yah..' mulai ta suruh kakinya ceblok ceblok kaya bebek dan tangan kayuh2 kaya anjing di air. lumayan ada kemajuan, kakinya dah mulai ngapung. gak berapa lama dia nemu rambut, geli keknya tuh... muntahhh deh, untung di samping kolam, aku minta dia istirahat dolo.

saatnya nyemplungin alfie, subhanallahhh... seepertinya anak bayi mempunyai bakat alami sendiri saat dia berada di air yg dalam, tanpa di pandu alfie langsung ngapung dengan refleks tangan dan kakinya, ketawa ketiwi kegirangan. pulang ke rumah langsung browsing di internet tenang renang bagi bayi. hiksss... nyesel gak ngajak alfie dan rafa ketika mereka masih berumur 4 bulanan yg lalu :( 

dan kemudian akupun kesulitan ngajarin rafa kembali, karna alfie ngamukkkk k alo di taruh di daratannn..., padahal alfie dah satu jam an lebih dan kadang aku kesian liat rafa yang seperti nunggu emaknya minta di ajarin. akhirnya walow dengan berontak alfie aku bilas, terus di  kasih baju dan aku minta nini buat bawa alfie jauh dari tempatnya berenang. dan rafapun bisa terus latian..dengan amann tanpa di rengekin adiknya ;))

*hari kedua
sampai kolam renang malah hujan, dingin-dingin ya buka bekal aja sambil makan-makan. ampe sore gak brenti2 hujannya. banyak yg bilang kalo hujan air di kolam itu jadi hangat, pengensih nyoba tapi takutku melebihi segalanya,  bukan takut hujan tapi takut papanya marah hahahhaa....
saat itu sekalian juga liat anak2 club renang sedang latian, subhanallah..kecil-kecil staminanya kuat bangett..ujan-ujan pula *sambil  ngebayangin rafa kek gitu...

*hari ke tiga
karna datang mulai sore, dan melihat ke angkasa langit agak item, pindah lokasi renang ke isyka (kolam renang khusus wanita muslim dan anak-anak). pakai pelampung tangan seewaan. seperti biasa pemanasan dolo, trus nyemplung. tidak berapa lama rafa mulai menemukan posisi terbang, dia mulai seneng. dua jam setengah dia di air betah banget tuh, emaknya yang menggigil karna tidak bisa menenggelamkan badan sepenuhnya saat memberi suport padanya. sekali-kali aku tinggal nyuri2 buat berenang di tempat yg dalam..eh rafa gak konsen...ngelirik ke mamanya trus, balik deh.

*hari ke empat
rombongan lagi, karna rafa dah di beliin pelampung tangan dan dia juga dah ngerti posisi, aku lebih sering nyemplungin alfie, dan masih... rafa seperti merasa kurang diperhatikan karna aku lebih konsen ke alfie, walau berulang kali aku bilang, aku gak bisa lepas dedek, karna dedek masih kecil banget dan gak bisa megang pelampung.

hari selanjutnya sepertinya aku harus satu-satu.. bawa,  biar gak ada yg merasa kurang diperhatikan :(



No comments: