Apr 17, 2013

Museum tengah hutan, kuwalitas go International

ke Museum? dalam otakku terlitas dengan benda2 mati dan tempat sepi yang sangat membosankan, tak ubah sepereti masuk ke area pemakaman mungkin lebih cocok buat perenungan dari pada sekedar nyari hiburan, tapi eitsss...ntar dolo... konon kata si kang mas, beberapa 'abad' silam ketima dia pertama kali berkunjung ke sini masih kecil gitu plus cuman satu ruangan ajah. museum ini baru saja di pugar dan loncing thn 2012 td.

setelah menempuh perjalanan kurang lebih 20km dari kota solo, sampailah kita di pintu gerbang Museum Sangiran, dua gading besar telah menyambut kedatangan kami begitu pula keramah tamahan bapak-bapak penjaga di sana. tiket masuk Rp 5000, per orang/domestik, anak-anak free. beberapa bus wisata telah parkir disana, sepertinya rombongan mahasiswa dari jogja. terlihat juga beberapa turis yang tengah asik menikmati pemandangan di kawasan museum sangiran. dari ibu ibu bapak-bapak, muda dan mudi juga anak-anak tumpah ruah di sana, cukup banyak pengunjung namun suasana tetap tenang.


bukan saja menyajikan benda-benda purbakala, namun pemandangan sekitar gedung museum yang sangat sedap di pandang mata, bersih dan tertata rapi. petugas kebersihan yang senantiasa melaksanakan tugasnya meski tanggal merah tiba, yang pasti jaohhhh dari polusi udara, juga cocok buat olah raga. kepanasan di luar tinggal masuk ke dalam. gedung ini telah di lengkapi fasilitas AC, penjaga keamanan yang siap senantiasa jika tersesesat hahaha...., maklum saja ruangannya uaakehhhh banget plus 'naek-naek ke puncak gunung', tempat ini juga di lengkapi CCTV, so meski berada di kawasan yg agak pojokan insya Allah tetep amannnn gitu  looo.., di sinipun ada 'layar tancep' nya, tinggal duduk nongkrong sambil bawa jagung bakar :D,  di beberapa tempatpun dah ada 'layar sentuh' nya buat klik2 informasi masih tentang informasi makhluk2 purbakala.


yang jualan souvenir2 juga ono, trus kantin sederhana. berhubung kami di sana menjelang makan siang, sedangkan disana sepertinya hanya ada jajaanan dan mie bakso, jadi kami gak terlalu lama juga di sana. perut udah berontak minta di isi, lain kali sepertinya kudu bawa peralatan tempur lebih lengkap ;))

pernah liat filem museum yg kalo malam-malam isinya pada hidup buatan wong luar sana? nah.. kalo di banding2 ama tu museum, ni tempat masih berada di atasnya..penasaran??????  silakan datang sendiri dengan transportasi masing-masih :D buka dari jam 8 ampe jam 6 sore

website Museum Sangiran 
Sangiran Museum

No comments: