Jan 27, 2018

Manfaat Jus Labu Siam/Jipan


By: Raida
-
Labu siam masuk kategori sayuran yang memiliki kadar air cukup tinggi. harganya murah meriah, sekitar 6-8rb/kilogram (Data di ambil di lokasi Pasar Nusukan, Januari 2018). Untuk daerah Solo, sayuran ini sering dimasak sebagai sayur berkuah santan dan cabe, pendamping nasi liwet.
-
Kandungan gizi yang terdapat pada sayuran ini adalah, asam folat, serat, vitamin C, karbohidrat, protein, kalium, vitamin K, zat besi, kalsium, dan fosfor (hasil ngintipin mbah google).
-
Selain enak dibikin sayur, tanaman ini juga sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan. Sebagai bahan alami penurun hiperkolesterol atau kolesterol tinggi. Koleserol yang melebihin batas normal (160-200) berpotensi terkena stroke,  serangan jantung yang mengakibatkan kematian mendadak (hadewhhh ... serem banget bahasanya).
-
Untuk beberapa kasus (kolesterol yang enggak bisa normal-normal) dokter akan meresepkan obat kimia dan dikonsumsi dalam jangka panjang. Bahkan beberapa dokter menyarankan seumur hidup. Namun tahukah anda? (Saya enggak) obat kimia itu fitrahnya menyelesaikan satu kasus dan membuat kasus baru, nah ... beda sama yang alami, iya kan. .. kannn ....?*sudah, iya in saja*
-
Jadi sebelum terlanjur menkonsumsi obat-obat kimia tersebut (khusus yang kolesterol tinggi) cobalah dengan sayuran ini dulu.
-
Manfaat lainnya adalah mencegah  penuaan dini, mengatasi sambelit dan hipertensi. Juga sebagai sumber stamina, mencegah kanker, menurunkan berat badan, mencegah bayi lahir cacat  -karena labu siam mengandung asam folat tinggi- dan mengatasi asam urat.
-
Cara bikin jus:
1. Pergilan ke pasar atau warung sayur terdekat. Kalau mau jauh juga boleh, sekalian piknik. Cari labu siam yang seger. Ingat labu siam, bukan anaknya penjual sayur yang semok montok bohay ituh. Sudah ketemu? Segera hitbah, eh. Minta penjualnya buat nimbang. Kalau sudah kelar bayar, kalau enggak bayar itu namanya nyolong. Lanjuttt ....
-
2. Cuci bersih labu. Potong dan buang bijinya. Kalau mau ditanam silakan. Nanti masa panen bolehlah saya dikasih.
-
3. Masukin ke mesin juicer, kalau enggak ada, bisa diparut dan ambil sarinya. Bisa langsung diminum, sehari satu kali. Biar lebih seger plus nikmat tambahkan madu, perasan lemon dan es batu.
-
Selamat mencoba, Jangan lupa (kalau saya mah sering lupa) imbangi dengan istirahat yang cukup, makan makanan yang sehat serta bergizi, olah raga teratur dan doa. Semoga kita dianugrahkan kesehatan selalu , amminnn ... :)

No comments: