Jun 3, 2007

Kehidupan di Kuwait bag2

Bagian atuu nya manaaa...??
hehehe ini hanya pengenalan tradisi2 dan hal2 taboo nyambung yg kemaren, tapi di ambil dari pengalaman pribadi langsung, tetangga, dan kerabat2 laennya. (kalo kemaren kan sumbernya langsung dari ministri) wokeh..

* Jangan membuka pintu langsung sebelum mengetahui jelas siapa tamu, apa maksud kedatangannya.
Ada beberapa pintu yg di lengkapi dengan sarana pengintai namun ada juga ngga, seperti pintu rumah kami :P. Tak jarang tamu yg bertandang orang-orang salah kamar, nawarin barang, bahkan kemungkinan terburuk adalah tindak kejahatan.

* Hindari bersalaman yg bukan muhrimnya.
Kenapa? soalnya ada banyak orang di sini yg menolak bersalaman berlawanan jenis kel, kalo di tolak kan maluuuu, nah tuk mengetahui tu orang mau di ajak salaman or tdk salah satu cara liat dia mo nyodorin tangannya gak, kalo gakk mending kasih senyum sajah, ato kalo andah2 gak mau di ajak salaman sebelum dia nyodorin tangan langsung kasih sinyal apa itu yah namanya kaya di india yg dempetin kedua tangannya sambil bilang 'namasti, namasti..'jadi orang yg mo ngajak salaman langsung tau dan gak malu juga kann..

* Jangan memotret/shooting filem di sembarang tempat, dan sembarang orang.
Perasaan kalo di ina org kalo di potret itu seneng, kalo di kuwait ati2 kalo tu orang gak terima dia di potret lo bisa di laporin ke polisi trus di tangkap masuk penjara..bla...bla..bla
Begitu pula dengan tempatnya, seperti bandara dan pusat kepemerintahan, walo gak ada tulisannya gak boleh ngambil poto biasanya kalo ketauan petugas tu kamera bisa di ambil di cek n biasanya di introgasi, filem di ambil (kamera biasanya di balikin lagi). Ato paling halus mereka ngasih teguran 'close..closeee gitu deh'

* buat cowok2 di bus, usahain ngambil kursi jejeran menengah ke belakang.
Kalo penuh, dan ada awewe masuk co pasti di gusur, kalo tu awewe gak gusur n co juga gak peduliaan berarti awewenya dudull..n cow keterlaluan.

* Cewek jangan pernah berjalan/berdiam diri sendirian di tempat yg rawan dan sepi.
Dimana2 mah seharusnya emang gini, tapi di sini lebih parah keknya kasus penculikan sangat amat sering terjadi.

* Buat cowok2 lage, jangan pernah memandang wanita arab lebih dari 2 detik.
ini lagi, kalo mereka gak terima, mereka manggil polisi alamat bonyokkk lo di penjara setelah di pukulin. kasus berakhir ampe tu cewek bilang khalass... Tapi kalo yg di liat cewek indo or pilipine keknya aman2 aja deh.

* Jangan pernah nerorr lewat telpon rumah or hp
karna identitas kita sangat amat mudah di lacak. sebab setiap nomer tlah terdaftar.
dan jangan pernah pula ngasih nomer dengan orang yg bener2 asing.

* Usahain naek taxi dengan supir yg tlah di kenal.
bukan hanya di jkt doank walo dengan taxi resmi mereka bisa mematok harga tinggi. Tawar menawar juga penting walo mereka menggunakan argo. Buat cewek usahain banget deh tu supir taxi bener2 di percaya. Pastikan kalo taxi itu mengerti banget bahasa dan tujuan yg kita maksud. Banyak juga supir2 taxi yg bilang tau..tauu..gitu tapi kenyataannya di ajak muter2 dulu.

* Jangan pernah menandatangai surat apapun yg tidak anda mengerti.
Kadang ini juga susah, ada hal2 tertentu yg tidak bisa kita hindari tapi semaksimal mungkin jangan pernah tandatangi tanpa ada pendamping yg mengerti isi dan maksud dari surat tersebut. Biasanya sih yang surat kontrak kerja dalam bahasa arab, karna kita perlu juga jd yah mau gak mau tanda tangan padahal di dalam isi surat tersebut bisa aja ada hal2 yg bener2 kurang manusiawi.

* Sediakan ruang terpisah.
Ada beberapa tamu khususnya dan biasanya yg menggunakan penutup muka, mereka lebih bahagia kalo anda langsung mengajaknya ke dalam (kamar) tanpa mencapurkan antara wanita dan pria.

* Selektip memilih tempat pengajian.
Banyak tempat pengajian di sini, khususnya sesama orang indonesia. Ada baiknya anda menelusuri terlebih dahulu kegiatan, misi dan visi sebelum memutuskan bergabung.

* hati2 markir mobil.
Pastikan kalo tempat yg anda parkirin itu adalah tempat parkir, salah2 pas rajia anda kena tilang n denda 15KD, biasanya sering terjadi di tempat2 umum, deket2 perbelanjaan, dan sejenisna.

* Hindari memakai gelas di rumah makan.
Lebih baek minum aer kemasan, karna ada beberapa rumah makan yg tlah kita dapatin memakai gelas tanpa di cuci terlebih dahulu, jadi gelas bekas. Di telusuri dari nenek moyangnya sebenarnya tujuannya baek, yaitu untuk mempererat tali persaudaraan dengan minum di gelas yg sama. Tapi dari segi kesehatan keknya tetap kurang sipp deh.

* Bawa selalu Civil ID (ktp)
Bahkan mo ke tetangga di seberang jalanpun kudu di bawa tu benda civil id, karna kita gak tau pemeriksaan civil id ada di mana2 termasuk tempat tinggal anda, kek kasus temen kemaren2 katanya sih kelupaan padahal cuman pergi ke bakalah gak beberapa meter dari tempat tinggal. ke tangkap hape di sita trus berurusan ma polici deh.

* Gunakan Wasta kalo dah kepepet.
Wasta, istilah nepotismenya khas kuwait, yg dianggap bisa nolongin anda ngurus sesuatu hal yg berbau ribet2 seperti ngurus visa, civil id, sim, cek kesehatan. Tak jarang penduduk asing sangat di peribettt bett bett...dalam pengurusan hal2 seperti ini. Cari info wasta yg bener2 terpercaya dan dapat di andalkan :P

* Buat cewek harus latian bela diri.
Jaga2 kalo ada yg macem2 langsung sikatttt...tendang alat vitalnya, n langsung call police.

* Sedia selalu nomer darurat dan embasy
Indonesia Embasy: 4813779, 4839953
Emergency: 777

sekian dolo ntar kalo abis bertapa di gurun fahalel di sambung lage..;))

9 comments:

didats said...

jadi, kapan ada traktiran nih? :P

*loh*

az&fa said...

akhirnya mbak designer punya blog juga... :) selamat...:)
bener kata didats, kapan ada traktiran nih? :)

btw tentang adat-adat kuwait ada juga dipostinganku di sini

angin-berbisik said...

wah lumayan serem juga yaa...hidup bagi wanita di kuwait :(

raida said...

didats; Traktir apaaan sehh?? ultahku kan masih lama :P wong org dah atu taon kok gawenya huwaaa..eh lo..yg msh baru2 pasti msh bingung kan tu fulusnya mo di kemanain..nah aku punya tips2 yg sipp lah pokoe, ku tunggu undangannya...

az&fa; assallamualaikum mbaa, met datang lam kenal, traktiran apa toh mbaa :( (pura2 gak tau), btw juga. makasih info2 nya yah mba..

mba meytia: klo di serem2 in dimana2 juga keknya serem mba n mboten saget urip dunk kalo dlm ketakutan mulu heheh, alhamdulilah sampai detik ini kita aman2 aja, tergantung bawaannya jg trus tentu kehati2 an kita.

didats said...

wakakaka

bang azis kok dipanggil mba....
*masih nahan ngakak*

raida said...

hah..az&fa itu 'pria' yah..wekss..maalis..maalis..sungguh karna aku gak tau maalis..maalis yah mbaa eh mas..huwaa..

qolby said...

aku ikutan ya mba kalo di traktir xixi dasar pelajar!

Pinot, Dita, Arwen & Leia said...

Komen aaahh... terutama bagian "Jangan Ngambil Foto Sembarangan". Udah beberapa kali kepergok, tapi tetep kekeuh ngambil foto. Sekarang kalo ngambil foto sneaky-sneaky bin ngumpet-ngumpet biar ngga ketauan. Sala satunya ini :
http://flickr.com/photos/pinodita/1931686838/

Huehhehehehhee... Semoga orangnya ngga nuntut di Flickr.

evangeliend said...

kyknya pas tuch dgn pepatah
" lebih baik hujan batu di negeri sendiri daripada hujan emas di tanah orang"