Jan 19, 2009

Soto Gerabah, kenikmatan cita rasa Indonesia



Soto yang identik dengan irisan sayur-sayur segar, suwiran ayam ditaburi bawang goreng adalah hal biasa setiap kali kita makan soto. Tapi makan soto dengan peralatan makan yang sangat tradisional terbuat dari gerabah atau sari tanah liat serta sendok yang terbuat dari kayu dan botok kelapa? Hemm…bukannya tu tempat makan orang jaman tempo dolo? Nah.. tidak perlu memutar waktu untuk balik kemasa itu ato cape-cape ngerayu doraemon buat meminjamkan perkakasnya. Cukup datang ke soto gerabah, kita akan segera merasakannya. Soto yang dimasak dengan menggunakan peralatan juga dari gerabah, wah.. ini wajib di coba.

Setelah jalan-jalan di minggu pagi, perut kamipun sudah meronta-ronta minta di isi. Tujuan utama yang terbesit di otakku adalah ke tempat soto Gerabah berada. Pertama kali ke tempat ini, malam hari ketika mas kukuh masih di Solo. Melihat keadaan yang sangat tradisional persis dengan nuansa ndeso, hanya saja Soto Gerabah terletak di perkotaan. Sebenarnya aku sempat sangsi karna rumah makannya sangat sederhana, belum lagi peralatan dan pernak pernik dari tanah yang ‘berseleweran’ di sana sini. Yah itu dulu, namun setelah pengalaman pertama kali itu ni tempat menjadi top 10 dalam daftar yg kudu di kunjungin apalagi bawa kerabat ke solo, seperti sekarang ini bawa Nini ma Kai nya Rafa.

Alunan gamelan jawa menyambut kedatangan kami. Sebuah mobil mewahpun telah nangkring tepat di depan rumah makan yang didesain dari bambu dan ayaman-ayaman rotan itu. Kami memilih duduk secara prasmanan.

Tidak berapa lama pesananpun tiba. Hemm.. aroma wangi dari rempah asli bumi Indonesia semakin membuat perut kami gelagapan, ditambah secangkir teh hangat dengan seduhan dari serai wangi membuat rasanya semakin unik. Selain itu sambal dan lauk-lauk pendamping seperti tahu, tempe, bakwan jagung serta galatin. Tidak berapa lama sotopun ludes sampai ke akar-akarnya dan hanya menyisakan mangkok-mangkok tanah tak bernyawa.

1mangkok soto gerabah di hargai Rp 5.000 sedangkan segelas te h hangat manis Rp 2.000. tempe dan tahu masing-masing 500perak, Galatin Rp 2.500. Selain menu tersebut dia atas, mereka juga menyediakan Nasi goreng serta Ayam goreng kampung dan biasa.

Soto Gerabah
Alamat: Jln Prof Supomo No 61, Pasar Beling, Solo.
Telp (0271) 7964066
Buka dari jam 7.00 am-9.00 pm


1 comment:

LeLa said...

uma ai pina nyaman banar..jadi titikan nah liur... :D kirimi pang ka banjar hehehe...