Apr 28, 2016

2 Pekerja Loundry

Tidak jauh dari tempat tinggal kami sebenarnya ada usaha loundry kiloan juga. Lumayan murah Rp2500/kg sudah termasuk cuci, setrika dan wewangiannya, tapi kalau nyetrika saja di kenain tarif Rp2000/kg. Untuk wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya, harga ini sudah standar. Kalaupun ada yang lebih di atas, tidak lebih dari Rp5000/kg nya.

Saya pribadi tergolong umat yang senang mencuci baju tapi berasa payah banget di bagian nyetrika (cerita ada di sini).  Walaupun ada tukang loundry yang dekat, entah kenapa saya merasa tidak puas, dan tipikal model macam saya ini tak la rajin banget negur-negur kerjaan orang, ngga enak banget.

Pilihan saya cuman 3: lanjut, terusin apa kerjain sendiri. Saya perhatiin hasil karya mba Loundry yang pertama ini sangat kurang maksimal masih kusam dan kurang rapi. Kalau ketemupun seringnya ngeluh, kecapean banyak kerjaan dan masih banyak lagi. Belum lagi setelah ngerti bbm, tidak sekali dua kali aku perhatiin dia nyetrika sambil baca/balesin itu isi hape.

Saat kita berhenti berinovasi atau setengah hati melakukan apapun (catetan dan pengingat diri sendiri neh) percayalah akan ada orang lain di luar sana yang siap menggantikan kerja kita, mungkin hasilnya malah jauh lebih baik dan dikerjakan dengan sungguh-sungguh.

Mba Ambar namanya, hampir satu bulanan ini dia membantuku menyetrika baju-baju keluargaku. Hasilnya halus, licin dan sangat wangi. Dia selalu menyambut kedatangannku dengan senyum dan sangat ramah. Tak pernah sekalipun ku dengar dia mengeluh. Aku pribadi tidak tau persis berapa dia mematok harga untuk setiap kg cucian. Di awal bulan kemarin aku titipkan saja uang Rp50.000.

Pertengahan bulan mulai aku tanyain, udah habis belum? Dia selalu bilang masih. Aku heran ini bajuku yang kedikitan apa memang dia masang tarif lebih murah. Berkali-kali setiap aku ke sana, dia selalu bilang masih.

Mba Ambar sebenarnya ingin mengantar jemput cucianku hanya saja aku 'pekewoh' terlihat mba Loundry yang pertama, dan jadilah ku antar jemput cucian menjelang malam tiba.

#OneDayOnePost

7 comments:

Miftahul Rohmah said...

Heheehe ikut menikmati cerita ibu rumah tangga 😊

Heni Susilowati said...

Itu uang 50rb buat beli pewangi atau?

HERU WIDAYANTO said...

Titip salam buat mbk Ambar.

Raida said...

Jasanya nyetrika mba, pewangi udah dari dia.

Raida said...

Salam kembali katane :p

Raida said...

Mari kita nge teh dulu

Sasmitha A. Lia said...

yuk ngeteh.. ne aku lagi menyeduh kopi kak Raida.. ^_^