Pagi sekali Rafa udah bangun, tidak seperti biasanya. Langsung ke kamar mandi, pipis terus nangkring di dapur sambil ngoceh “aku bangun-bangun terus lho ma”
Ku beri dia segelas air dan roti, tapi cuman di habisin dikit, ngga sengaja tersentuh kulitnya. Kurasakan hangat, apa karna tanganku saja yang basah terkena air jadi apapun yang ku pegang akan berasa hangat. Tidak berapa lama, adiknya menyusul, mungkin karna denger suara brisik dari dapur yang bersebelahan dengan kamarnya.
Aku pegang lagi kepala Rafa, tu..kan beneran hangat. Baru aku ingat memang sejak malam tadi dia ngigau lebih sering. Sejak bayi Rafa memang memiliki kebiasaan bangun, gelisah dam rewel di malam hari, maka ke esokan harinya badannya pasti demam. Bahkan dulu rewelnya ngga ketulungan, setiap 10menit sekali bangun dan nangis, dan akan berlangsung dari malam hingga menjelang subuh. Awal-awal aku sempat bingung ni anak ada apa gerangan? lama kelamaan udah mulai faham, itu berarti ada gejala yang dirasanya sungguh tidak nyaman.
Setelah agak gede gini rewelnya sangat berkurang, tapi gelisahnya tetap. Dan lagi Rafa kalau udah sakit ngga terlalu nyusahin, dia lebih banyak antengnya, rebahan, ngelamun malahan yang liat jadi ngga tega. Nah kalau si adik malah kebalikannya gendonggggggggg mulu sepanjang jalan kenangan, adiknya lebih suka di peluk saat dia sakit. Pas malam sebelum sakit sih anteng, tapi setelah sakit siap-siap minum obat pegelinu.
****
Akhirnya aku kirim pesan ke gurunya buat ijin meliburkan diri di rumah. Ku mandiin dia dengan air hangat, agak siangan baru mau makan setelah itu bobo lagi. Aku yang di sampingnya sambil ngelus-ngelus terus ikutan kelelep deh. Anaknya udah bangun emaknya masih merem.
Masih mau makan dikit dan minum teh lemon wangi segelas juga. Terus tadi malam aku tanyain dia mau makan apa? Kebetulan ada persediaan udang di kulkas dia sangat antusias saat di tawarin mau di bikinin nasi goreng. Sayang baru dua suapan dia langsung mual dan muntah. Aku ajak ke kamar mandi sambil ngolesin minyak kayu putih.
Aku tawarin dia mau istirahat apa nungguin di dapur. Dia bilang pengen istirahat tapi minta di temenin. Karna aku harus nyiapin makan malam buat yang lainnya juga akhirnya aku gelar selimur di antara jejeran kursi makan, kasih bantal trus istirahat deh di sana sambil selimutan dengan sarung. Cuman 10 menitan rebahan matanya langsung merem. Selama dia tidur aku makan malam sekalian, selesai, angkat Rafa ke kamar. Sesekali dia bangun sempat keringetan juga. Aku di sampingnya nungguin paling tidak sampai toko tutup. Jam 10 akhirnya kita gantian, dan tidur dengan bawa masing-masing satu anak.
Dimanakah Alfie saat kejadian berlangsung? Sejak jam 5 sore, tanpa ijin dia memejamkan mata di peraduannya. Sebelum adzan magrib berkumandang aku bangunin, di elus-elus, di uwel-uwel dan sebagainya tapi tak berhasil membuatnya melek. Akhirnya aku pangku di dapur dia malah nangis, ganti posisi nelungkup di bahu baru anteng dan lanjut merem. Nyerah, begadang begadang deh kalau ni anak bangun dengan mata sinar terang benderang, kelaperan dan ngajak main. Sampai tulsan ini di bikin, Alfie masih terlelap.

#OneDayOnePost