Apr 6, 2016

Tanpa popok dan bebas ompol

Dulu Rafa sampai usia 8 bulan masih menggunakan popok. Kadang popok kain namun lebih sering menggunakan sekali pakai. Makin gede perasaan semakin boros, karna pipisnya semakin banyak dan tentu saja berarti pemakaian popok semakin sering. Sehari saja di kumpulin sampah popoknya sekantong plastik besar.

Suatu hari aku liat seorang ibu yang membiarkan bayinya ompol. Jadi dia dipipisin gitu terus ganti deh semuanya. Dan ternyata banyak banget ibu ibu seperti itu, mereka malah heran kenapa aku pakaiin popok sepanjang hari.

Wokeh, demi menjaga lingkungan tetap asri dan kemashalatan ekonomi keluarga, mari kita mulai 'tatur' si bocah. Menurut bahasa jawa *tolong koreksi jika salah* tatur adalah toilet training ala wong jawa, yang membiasakan anak anak buat belajar pipis di tempatnya.

Malam pertama
Kasur banjir, berhubung kasur masih bungkusan jadi aman, apesnya diriku yang kebagian lebih berat kena genangan air lebih banyak. Dua duanya ganti baju sehabis di bilas juga ganti spray. Yah tengah malam pada bilas bilasan, trus sodorin nenen, meremm lagi si bocah.

Malam kedua
Sama, masih banjir menggenang. Apakah selama banjir si anak rewel? Dia hanya gelisah karna celananya yang basah, tapi setelah di ganti bisa merem dengan indahnya. Ini berlangsung kurang lebih selama seminggu.

Minggu kedua
Si anak terbangun, tapi ngga ompol. Langsung aku gendong ke kamar mandi. Dalam keadaan merem, dia pipis. Balik lagi ke kasur, kasih nenen, merem deh. Dalam satu malam bisa 3-4 kali ke kamar mandi.

Semakin lama, rutinitas ke kamar mandi semakin berkurang. Usia 1 tahun 2 bulan, Rafa sudah full tidak di boyong ke kamar mandi. Jadi sebelum bobo dipipisin dulu, pagi sesaat dia bangun langsung ajak ke kamar mandi. Jadwal agak kacau saat cuaca dingin, ini pengecualian. Sebelum pagi menjelang bahkan dini hari harus segera ke kamar mandi sebelum terlambat, juga kalau si anak sedang minum sangat banyak.

Di siang hari, sejak pipis pertama biasanya aku perhatiin kalau sudah 3 jam berikutnya langsung aku tawarin buat ke kamar mandi, kalau belum tunggu setengah atau satu jam lagi.

Semenjak itu, sampai usianya sekarang dia selalu bilang kalau mau pipis. Di usianya 6 tahunan dia pernah ompol, waktu aku tanya, katanya kirain udah di toilet, soalnya dalam mimpinya sedang berada di depan toilet hahahha...

Anak kedua, lebih pengalaman neh. Usia 3 bulan udah aku tatur. Hanya pakai popok kalau pergi itu juga kain. Umur 9 bulanan sudah benar benar lepas. Cape dan ngantuk jadi kendala utama, lagian kok rajin bangettt yakkk... tapiiii... hasilnya, puasss banget, kasur bebas ompol, ngga ada celana dan baju baju yang bau pesing, lantai juga Insha Allah bebas najis dan yang passsssstiiiiiii.....!!!!!! hemat dwunk, bolehlah harga popok dan sabun buat nyuci itu sebagai gantinya di pakai buat ke salon or manggil tukang pijit, mayan banget kan?

#OneDayOnePost

5 comments:

Wiwid Nurwidayati said...

Acungkan jempol 2 utk mb raida

Wiwid Nurwidayati said...

Acungkan jempol 2 utk mb raida

HERU WIDAYANTO said...

salam buat anak-anaknya ..

Raida said...

Terimakasih mba Wiwid :)

Raida said...

Salam juga buat anak anaknya mas Heru yah ;)