Oct 2, 2016

Me and Baking Soda

Sudah berbulan-bulan belakangan ini saya rutin menggunakan produk baking soda. Murah meriah dan sangat bermanfaat. Baik untuk kesehatan dan salah satu campuran untuk bersihin perkakas dapur.

Inilah beberapa di antaranya:
1. Menambahkan sedikit soda kue ke dalam rebusan sayur agar warna hijaunya tetap terjaga.
2. Menambahkan ke adonan gorengan biar lebih renyah.
3. Menambahkan ke minuman kopi untuk mengurangi asam lambung.
4. Membersihkan kompor.
5. Sebagai scrub wajah, karna saya jarang menggunakan make up jadi hanya cukup menggosok lembut ke kulit wajah, bersihkan. Hasilnya, kulit muka lebih lembut, bersih dan tidak kering. Sehari 1x. Udah berbulan-bulan pula ngga pernah beli sabun cuci muka lagi.
6. Campuran lulur badan.
8. Campuran shampo ataupun conditioner saat makai *kalau rajin*. Hasilnya, Kulit kepala lebih bersih dan sehat.
9. Obat kumur.
10. Bisa di campur ke pasta gigi, atau pure soda kue *hanya sesekali, kurang rajin kalau ini*
11. Pengganti cairan antiseptik buat campuran air di bak mandi anak-anak saat tertentu.
12. Mencerahkan area lipatan badan.

Menurut pengamatan saya yang abal-abal, ada dua macam soda kue di pasaran. Pertama versi curah alias yang bisa di beli dengan kiloan dan yang kedua versi sachet berukuran 1 ons. Sedangkan yang bermerk ngga pernah beli, terlalu mahal buat di pakai sehari-hari bagi saya.

Nah setelah di uji coba, saya lebih suka dengan soda kue sachet an ini dengan gambar bunga berwarna hijau atau merah. Produknya memang sedikit kasar seperti scrub dan tidak panas. Sedangkan yang curah terlalu lembut dan sedikit panas saat menyentuh kulit.

Pernah juga beberapa kali kutemuman soda yang keruh. Jadi menurut saya *masih versi abal-abal* soda kue yang bagus buat kulit adalah saat bercampur air, air tersebut masih terlihat jernih dan tidak keruh sama sekali.

Harga soda kue ini di pasaran Solo berkisar Rp1300 - 1500/setengah ons. Sedangkan versi curah Rp4000/seperempat kg.

#OneDayOnePost

11 comments:

Ciani L said...

Seberapa banyak atuh mbak dosisnya?

Sasmitha A. Lia said...

Wah... patut dicoba neh kak...

Vinny Martina said...

Soda kue sama baking powder sama gak sih mbak?

Sakifah Ismail said...

Tapi ada yang bilang soda kue kurang baik di.konsumsi....lupa baca dimana atau kenapa ya??
hihi... Nice reference nih mba buat yg suka mumer binti sehat, #noted. Soda kue ya..bukan baking soda? #lupa bedanya apa

Raida said...

Kalau buat campuran makanan dan minuman cuman sejumpit or kurang lebih setengah sendok teh, tapi kalau buat campuran shampo,lulur, buat bersihin muka sekitar satu sendok makan.. sendok makan ama sendok teh beda ya :p

Raida said...

Kalau pas kena kulit berasa panas hentikan... ganti merk lain :D

Raida said...

Beda mba pungsinya kalau buat kue. Baking powder lbh kaya serbuk tepung biasanya buat ngelembutin kue dan sedikit ngambang. Kalau soda kue sejenis garam, terasa kasar, biasanya di pakai buay bikin ngambang kue dan berongga semacam kue karamel gitu.

Raida said...

Kalau buat campuran makanan biasanya cuman dikit mba, semisal buat kue satu loyang paling banter setengah sendok makan, sisanya buat bersih2.

Raida said...

Eh iya, soda kue sama aja baking soda, tapi pernah beli di suatu daerah nyebut baking soda tp yg di kasih baking powder. Lbh baik lagi nyebut soda kue sekalian.

Muhamad Septian Wijaya said...

wih mba raida, sama kayak empok saya suka pake baking soda. dia juga jualan baking sodanya hahaha #promosi

Raida said...

maka oleh sebab itu kamupun harus coba.. buktikan sendiri :p