Apr 5, 2018

Black Garlic



Black Garlic adalah permentasi bawang putih. Sudah lama terdengar isu tentang dasyatnya manfaat Black Garlic ini, cuman belum ada keinginan untuk mengkonsumsi apalagi membikin yang harus mengorbankan satu biji magicom. Hingga beberapa pekan yang lalu, Kang Mas dikasih temannya sampel Black Garlic beberapa siung. Saat mengkonsumsi rutin selama beberapa hari dia ngerasa badannya tambah vit, entahlah pengaruh black garlic atau sugesti saja apalagi mbah google memawarkan aneka artikel tentang khasiat dan manfaatnya. Jadilah kita mencoba untuk membuat sendiri. Insfirasi resep dari Mbak Sri bojone Mas Rizal.


Black Garlic
Alat dan bahan:
1. Bawang putih yang kulitnya masih  baru dan sangat mulus, tidak terkelupas. Beberapa menganjurkan bawang putih tunggal. Berhubung harganya bisa 4x lipat dari harga biasa, juga karena masih langka di pasaran, bawang putih biasapun sudah okey kok.
Berat bawang putih setara dengan ukuran si magicom.
2. Magicom
3. Beberapa lembar tisue.

Cara buat:
1. Letakkan 2 atau 3 lembar tisue sebagai alas dasar.
2. Susun bawang putih dengan rapi satu tingkatan.
3. Tutup kembali dengan lembaran tisue.
3. Susun lagi, persis seperti kue lapis.
Saya memakai magicom 1kg, jadi bawang putihnya persis satu kilogram. Dan hanya bisa untum dua lapisan. Bagian atas tidak dikasih lembaran tisue.
4. Tutup, dan biarkan dalam keadaan warm 8-10 hari ke depan. Bisa 14 hari atau 40 hari, ini kata yang pernah bikin. Warnanya semakin hitam dan kenyal.

*7 jam kemudian hingga beberapa hari ke depan aroma bawang putih akan mulai menyeruak. Sebaiknya letakkan magicom di tempat yang bersirkulasi udara baik seperti dekat jendela 
*Hari ke-3 aroma bawang putih gosong mulai tercium.
*Hari ke-5 sudah mendingan. Saat dicicipi, teksturnya lembut. Bentuk dan warnanya seperti dodol.
*hari ke-10, aroma sangat tipis. 
Hari selanjutnya sudah bisa dinikmati. Simpan di lemari pendingin dan dapat bertahan hingga lebih 1 bulan.

Rasa Black Garlic menurut saya, kecut, pait, manis dengan tekstur sedikit kenyal dan berwarna hitam pekat.

No comments: