Jul 9, 2007

Kalo emak emak belanja


Pertama aku nyampei kuwait di awal tahun 2005 pas belanja kebutuhan dapur, cuman 10kd aja dah dapat satu keranjang penuh, seingatku itu gulf centre yg lama. nah sekarangg..tadi malam belanja gak ampe keranjang penuh dah abis 25kd, pikirku kami ngambil apaan yah kok mayan banyak abisnya, akupun heran juga padahal lom beli beras, aer, baju sepatu...looo..looo..kalo itu semua kemasuk abis berapaan cuba..? berarti emang di sini saban taon barangnya selalu naek juga, ato harga kd yg mulai turun nilainya ato dua2 nya. minggu kemaren abis 15kd juga cuman buat seminggu doank tu cuman dapat sekitar 2 plastik, malahan masih kudu beli2 barang2 laennya kek ke toko asia.

Bohong rasanya orang kita (baca indonesia) yg tinggal di sini kalo belanja kagak membandingin dengan rupiah pasti deh kebanyakannya getoo (hayoww ngakoo lo..) walopun ada juga sungguh sedikit sekali yg sudah melupakan curency harga KD ke Rp :P dan terus pasti kepikir plus teringang2..kalo belanja segini di indonesia dah bisa buat ngasih makan satu kampung (kampung kecil maksudnya)

jd inget di berita2 kalo barang2 di indo pada naek semua, minyak mahal, susu mahal, ini mahal itu mahall...Emakkkkkk...emakku begimana yah dan emak2 yg lainnya. Pasti deh abis belanja di dapur pada ngedumel2..eitttss, catatan ini tdk di tujukan buat emak gedongan..ini cuman emak kebanyakan aja..

Ya Allah moga kau beri kesabaran pada emakku, dan Kau cukupkan selalu kebutuhannya dan keluargaku di sana..Amin.. (mari kita semua berdoa buat emak2 di indonesia, berdoa mulai...)

Alhamdulillah, walo barang semahal2 nya di sini kami msh bisa ke beli, gimana org2 kita yg di sana di negara kita, kadang mereka kudu melupakan keinginan belanja, kata2 makan 4 sehat 5 sempurna bener2 hanya dalam pelajaran di sekolah saja. mereka harus berhemat sehemat2 nya, bahkan juga mereka rela berpuasa demi anak2 nya, tapi kalo dah kepaksa kebutuhan susu pun harus di ganti ma air tajin (bener gak neh nulisnya), lha gimana mo nyusuin babynya, emaknya kurang gizi gitu rasa asi kan jadi beda. dulu kakakku bilang abis ngelahirin beberapa bulan karna bobot badannya yg tambah naek, terus dia ngurangin makannya, wal hasil anaknya gak mau mimik lagi karna rasanya dah beda. Tapi yg lebih unik lagi anak mudanya lebih memilih beli pulsa hape ketimbang beli nasi :D

sistem belanja dapur orang2 disini rata2 yg seminggu sekali ato 2 minggu sekali ato bisa juga lebih. kalo belanja tiap ari bisa2 kegiatan kita cuman belanja doank, kalo belanja non dapur sih yah gak tau deh..kalo orang arab bisa jadi setiap ari,kalo belanja baju gt jg bawaannya keranjang or troley gede, n rata2 mereka dah gak liat harga lagi suka ambil suka ambill..enakkknya, gak kaya saya, dan ini yg kadang bikin kesel suami saya, kalo belanja pilih2 nya masih lama..kan masih nganut sistem kekebalan ekonomi nyari yg paling bagus dan yg paling murah..trus muka masku langsung memerah karna kelamaan nungguinnya wakakkakka..katanya kalo di indonesia mending ngantar ke mall trus di tinggal saja, dia bobo dulu di rumah, nanti kalo dah selesai baru di jemput, ha3..

cuba saya cek lagi listnya jgn2 kasirnya salah itung lagi, eh beneran lo, dulu waktu beli ikan kan ada tertera harganya tuh, si penjaga counternya itu salah liat harganya aku di kasih harga sama dengan ikann apaan gitu yg mayan mahal, yah akunya protes dunk (konpirmasi) dan si penjaganya jd tersipu malu terus menta maaf, makanya kalo pas org nimbang mata kudu di perhatiin ke layar monitor jgn2 mereka salah ngasih harga, begitupun sayur ma buah2 an kadang mereka suka asal ngasih harga kudu di pas in sama harga yg tertera di awal, pun tuk barang lainnya. trus kalo mau lebih jelas angkanya kan ada nomer kode tersendiri ma tu barang seperti garis2 panjang banyakk trus dibawahnya ada angka2 sekitar 13 angka (halah cerewet bgt kan, jaga2 aja biar gak salah, karna kadang kalo kita liat barangnya doank terus ada harga di bawah tempatnya kadang itu bukan harga barangnya alias mereka lupa nyopot harga lama tuk barang lama, kadang harganya tumpang tindih..jadi teliti sebelum membeli itu tidak ada salahnya biar gak ngerasa kecewa, tapi daftar ini gak berlaku tuk barang di pasar tradisional kek mubarakia, kalo di pasar tradisional anda di haruskan tuk latian nawar menawar harga, kalo anda malas mending di mall aja.

ada yg kelupaan, kalo ngambil barang jgn lupa perhatikan ingrediens nya (bahan2 pembuat) bisa jd kita alergi sama salah satu jenis pembuatnya MSG misalnya, dan yg gak kalah penting kudu teliti ma tgl kadaluarsanya kadang barang2 yg baru mereka naruh agak ke dalam hehehe..taukan saya, usahain yg keluaran tahun sekarang sampai seterusnya bukan yg tahun kemaren kecuali kalo mang gak ada.., trus kalo dah mo expired mending ambil yg porsi kecil walopun harganya mang lebih mahal kalo di itung2 dari porsi gede, apalagi kalo barang tersebut jarang di pake. Dan yg terakhir yg sangat sangatt penting sekali....'JANGAN PERNAH mudah tergoda dengan discon' sedangkan barang tersebut tidak begitu diperlukan, sayang..mubajir.

sedang meliat list harga, deterjen 2kd, minyak goreng 900filis, kangkung 250filis, telur..1kd, hemm..hahh..beneran totalnya 25kd, yah..beginilah emak2 kalo belanja.

6 comments:

didats said...

beli coklat gag mba?
bawa ya, aku hari ini mo ke kwttimes... :D

angin-berbisik said...

1 kd berapa rupiah to mbak...kalau disini kd tarifnya mahal mbak...sekali manggung aja mungkin ratusan juta :P eh ini kd apa ya? krisdayanti bukan??? *berlaga pilon* hehehe,...mbak sekedar informasi, di semarang, harga susu anak masih normal nih...

raida said...

didats;
penawaran berlaku hanya sampai tgl 12 july jam 5 sore :P

mba tya;
1kd= kurang lebih 30rebo mba, klo kd yg di indo mah saya jg mau dunk tanda tangannya hehehe..

di indo dulu yg sering belanja dapur cuman emak aku, jd kurang paham jg sebenarnya harga2 barang di indo.

Bakhrian syah said...

Betul... kita selalu membanding dengan kurs rupiah... tapi lama-lama resisten tuh... pertama di Sydney.. berasa ga pengen belanja apa-apa... masa beli soft drink aja sampai 21 ribu rupiah??? di Indo dengan merek dan volume yang sama cuman 5 ribu... Nasib...

Tapi mau gimana lagi??? Bisa-bisa ga makan kalo terus memikirkan kurs..

Btw kenapa ya kalo dilihat dari exchange rate... nilai rupiah tuh paling rendah dibanding dengan negara lain???

mashuri said...

...garis2 panjang banyakk trus dibawahnya ada angka2 sekitar 13 angka.....itu namanya barcode cilai...*kabuuuuuuur*

raida said...

bakhrian syah;
kayanya sih begitu, pas liat nilai tuker nya Rp bener2 yg paling murahh, disamping itu juga KD memang nilai mata uang tertinggi di dunia terhadap $

mas huri;
makasih infonya julakk..jgn kabur dunk..kan dah baek hati bantuin, mau coklat jg gak..:D