Aug 25, 2007

Ayooo berhemattt

Barusan nyampe kantor dah di cegat ma temenku 'go home go home..'
'why' tanyaku ke heranan
'ga ada listrik' katanya lagi
'serius lo' mosok sih kantor segede gini gak punya listrik, aslinya sih begini...'beneran pulang lo' :P


Beberapa hari terakhir ini dan mungkin bulan2 ke depan nanti PLN dan PDAM nya kuwait tengah gencar2 nya mensosialisakin buat ngemat listrik dan air. Tak tanggung2 di koran2 pengumuman hampir terpajang setiap hari, di bus2, juga di jalan2 seperti yg terlihat di atas. Di televisi, di pusat perbelanjaan dan di tempat2 umum lainnya, juga lewat pemplet2 yg dibagi2 kan. Tapi keknya yg lebih di tekankan tuk ngemat listrik, ada apakah gerangan?

kek nya mereka baru sadar kali yah cadangan SDA di sini tu gak akan bertahan selamanya apalagi kalo pemakaian yg teramat sering dan boros.

contoh kek gedung yg kami tempati ini, kalo pengen balas dendam bisa banget neh berhubung tak ada batasan pemakaian air dan listrik, jadi kami bisa makai sepuasnya, ngapain cuba hemat2 lha wong bayarnya sama aja kok, kalo bisa sih semuanya pakai listrik aja, mayan kan ngemat biaya. Tapi di pikir2 lagi sih itu hanya akan bikin mental kami jadi terlalu manja, gak apa deh kita juga ikutan hemat, walopun jujur lom hemat banget juga paling gak buat latian diri sendiri, entar kalo tinggal di tempat di mana2 udah di patok ma biaya pemakaian entar gak kaget lagi dan tentu juga dah biasa.

semenjak itu pula, dulu lampu2 yg banyak menghiasi pepohonan di malam hari mulai jarang aku temui, ada sebagian ruas jalan yg malah di biarkan remang2.

jadi ingat di tempatku (kalimantan) kalo ada acara penghematan listrik pasti saban minggu ada aja pemadaman listrik bergilir, nah kalo di sini? Dulu aku pernah baca juga tulisan someone. di tempatnya mati listrik. trusssssss...langsung tulisannya di muat yg kasarnya gini 'kuwait itu negara kaya minyak masak gak punya listrik sih' beruntungnya pemerintah di sini belum tuli, baru di tulis gitu aja dah langsung berbenah diri...lha di tempat kita..walo tereak2 sampai serakk..bahkan sampai putus pita suara yaaa tetap aja akhirnya tinggal ngurut dada dan menikmati malam bersama lampu teplok.

temenku juga pernah cerita waktu mati lampu, pa lagi di musim panas di mana ac sangat amat di butuhkan sekali. Dia harus ngungsi ke tempat temennya di hostel (apartemen yg di sediain dari pemerintah), gedung2 tipe kek gini biasaya mang luput dari serangan pemadaman listrik.

selama dua taon lebih aku hidup di kuwait, aku baru nemuin satu kali mati lampu di gedung lama, gedung sekarang yg kami tempat tak pernah sekalipun mati lampu semoga aja selamanya, yg kedua yah di kantor sendiri.

Berhubung di kuwait teramattt sangat jarang mati lampu maka gak heran kalo nyaris gedung yg aku temui bahkan kantor sendiri tidak memiliki ginset (gini gak tulisannya).

kembali ke kantor yg mati lampu. dari jam 10 gedung tak berlistrik, hanya ada dua komputer yg nyala di ruang server gak tau aku pakai apa itu. selama berjam2 kami terombang ambing, ada yg menyibukkan diri dengan rapat dadakan, maen2, jalan2,dan ada juga yg ngambil notebook dari rumah. Pas jam 5 sore si big bos datang katanya kalo sampai jam 6 gak nyala juga maka kami di persilakan tuk pulang ke rumah masing2. teng..teng..teng..waktu berjalan sangat lambat, 90persen responden menyatakan dan berharap lampu nyala setelah mereka pulang saja hahahha.. mendekati jam 6 sore..detikk..detik itu.. trus si big bos ngasih tau ke aku yg kebetulan kala itu ketemu di lantai bawah 'raida bilang ke temen2 10 ato 15 menit lagi lampu nyala, bilangin juga mereka tuk siap2 yah' huwaaaaaaaaaaaa...pas aku kasih tau ke mereka banyak sekali muka yg kecewa..katane bad news. usut punya usut ternyata pemadaman listrik di kantoku bukan karna sedang penghematan listrik tapi mang ada perbaikan jaringan listrik :D

poto dokomentasinya kantor

5 comments:

w@hyu said...

hemat listrik maksudnya?!

angin-berbisik said...

iya, kayaknya hemat listrik tuh,..

Mohammad Bakhriansyah said...

jadi ingat jargon di Indo.. hemat energi..hemat biaya... :)

didats said...

loh, bukannya aku udah cerita?
hihih...

aku tau potonya di mana... :D

raida said...

iyah hemat listrik sodara2 heheh..

didats;
kan versinya beda :P
saya versi rakyat biasa sajah..hahhaha..