Oct 9, 2007

Seputar lebaran

info2 lebaran di sini yg aku ngerti aja yakk..soalnya aku gak terlalu sering keluyuran, waktunya lebih byk di di rmh ma kantor, tp kalo lebaran ya wajibb keluar dunk..silaturahmi ma makan2 tentunya..;))

takbiran
takbiran hanya akan terdengar di pagi hari sebelum solat id, abis tu kalass.. gak ada meneh, sunyi senyapp..kalo mo dengerin takbiran masal lagi kudu nunggu ampe idul adha..dann.. kalo mo pawai takbiran keliling.. hayoww.. sapa yg mo mulai.. aku mau deh jadi peserta hahaha..

update; takbiran jg bisa di denger di malam lebaran di tempat2 pusat perbelanjaan di daerah terdekat anda :D

solat id
Di daerah riggae di pusatkan solat di halaman padang pasir luas beralaskan tikar yg udah di sedian ma panitia, di mesjid juga ada, gak tau aku tuk daerah lain, dan yg paling penting bgt datang ke tempat jgn sampaiii telatttttttt.. imam gak pernah nunggu jemaatnya walo di liatnya masih sedang berbondong2.. waktu solat id bener2 ontimee.. temenku kemaren ada yg baru nyape ee.. malah dah kelar, kalo gak salah gak ada hotbah apa yah..(mang pengunjungnya orang arab doank) datanglah sebelum waktu salat di mulai, aku liat di kalender solat id besok jam 6;02 am

kebiasaan org arab
tuk org arab biasanya mereka pada berkunjung2 sesama wong arab gitu, gak ada makanan pokok kek tradisi kita yg bikin ketupat, lontong dan pernak perniknya, banyakan mereka nyuguhin manisan2 khas arab yg super duper manis dan jg coklat serta minumannya, jd sebelum mengunjungi mereka jangan biarkan perut kita kosong.. tapi mungkin di sebagian lain ada juga yg nyuguhin makanan 'berat aka pokok' kek briyani gitu. temenku bilang mereka kalo makan pada di luar, jadi pas mo lebaran istri di kasih libur urusan pedapuran.. pokoknya pada senang2 semua gak ada yg sampai kecapean bikin ini itu.. yg ada kecapean belanja baju kale :D

open house dan silaturahmi
tuk org kita (indonesia) yg sering aku temuin..
Setiap lebaran di wisma duta selalu ngadain open wisma (maksudnya open house getoo), dr pagi setelah solat id sampai sore, kalo mo liat pas puncak2 nya orang kumpul sekitar jam 10 pagi ampe tengah ari, kalo dah jam satu ke atas.. dah pada sepi dan kadang makanannyapun dah pada abis. sajian makanan jelasss menu indonesia raya.. jangan lupa especiali tuk cowok salaman aka sungkeman ma pa duta yakk..

di tempat lain ada juga yg buka open house, biasanya keluarga besar terdiri dari suami, istri, anak2 serta pembantunya...ni makanannya lebih special lagi dari wisma, karna jarang nemuin makanan yg udah habis :P mereka menjamu ampe malam hari.. jadi si empunya rumah bertahan di rumah selama 24jam.. biasanya ini santapan fav para yg singel2 di kuwait yg gak bawa keluarga soale mereka gak perlu repot2 masak buat lebaran.. tuk kami sendiri lom pernah ngadain open house, aku gak pandai bgt masak.. lagian lom siap masak buat lebih dari 10 orang.. hahhaha..bisa2 tulangku remuk redam..

sama kek kita di indonesia, yg muda sebaiknya ngunjungin kerabat yg lebih tua, setiap berkunjung pasti deh di kasih menu yg 'indonesia' bgt, menu yg sering aku jumpai longtong, sate, ma bakso. ketupat sangat jarang.. bahkan aku lom pernah nemuin di sini, karna mang di sini gak ada pu un kelapanya, kecuali ada yg bawa dari indo.

tetang libur
tuk perusaan kami bagian editor di kasih libur dua hari, hari raya pertama dan ke dua, so lebaran koran tetap terbit, tuk bagian administrasi 4 hari. tuk instansi kepemerintahan kuwait bisanya jg 4 hari, di tempat akang tersayang di kasih liburnya cuman sehari :( tp masih mending pas lebaran di kasih libur (dan mending lagi kebetulan sebelumnya dia pas sleeping day of) nah ada tu temennya sesama muslim juga, lebaran dines siang.. wadoww.. kesian banget..

tempat2 wisata tetap buka, seperti intertaiment city, aqua park, dan kroni2 nya, tiket di jual seperti hari biasa tanpa diskon, dan pengunjungnya selalu ramei.

owiyah yg paling utama banget.. supaya kita gak terlalu berharap, di sini gak ada THR nya hahhahaa...

dan.. dann.. dan.. gak kalah penting, kalo ngunjungin rumah orang jgn pernah salaman klo gak di ajak salaman yg bukan muhrimnya, kecuali anaknya yg masih di bawah umur :P

segene dolo, ada yg mo nambahin?

*postingin terinspirasi dari permintaan temen baru saya :P

******

akhir kata (paragrap) Kami sekeluarga, raida dan mas Kukuh mengucapkan, minal aidilwalfaizin...salah salah hilaf yg di sengaja maupun tidak..mohon maaf lahir dan batin yah..
selamat hari raya.
.

6 comments:

ikram said...

Selamat Idul Fitri 1428 Hijriyah!

Eva & Hady said...

Met' Lebaran.. Met' Makan Ketupat.. Mohon maaf klo ada salah2 kata... :)

Anonymous said...

TAQABBALALLAHU MINNA WAMINKUM SHIYAMANA WASHIYAMAKUM WAJA 'ALANA MINAL AIDIN WAL FAIZIN WA KULLU 'AM WA ANTUM FI KHAIR

Raida said...

Ikram, Eva+Hady, dan Mashuri: makasih yahh..sama2 yah.. mohon maaf lahir batin..

Anonymous said...

Met lebaran ya...

Mohon maaf lahir & bathin, ceritanya aku link di posting ku yg terbaru.

Raida said...

Umu Ibrahim;
Monggo mba.. silakan, anggap aja rumah sendiri :D

btw, met lebaran jg yah..