Mar 17, 2008

Bapak zaman dolo dan zaman sekarang

Di era 80 an
Dolo sepeingatku aku gak pernah menyaksikan Bapakku ikut bantuin emakku masak, jangankan masak nyuci piring juga gak pernah,kalo nyuci baju kayanya pernah deh tapi itu juga baju sendiri :D nah.. lo gimana di saat emakku melahirkan, beruntungnya di saat itu rombongan keluargaku dari acil, julak tangah (sebutan untuk tante2 ala bjm) tanpa di mintapun mereka tlah berdatangan, terutama nenekku entah itu dari pihak ibu atopon bapak. Yang ku tau mereka datang tidak membawa kado seperti emak2 sekarang ini, tetapi memberikan tenaganya sepenuh hati, sampai semua tugas rumah mereka kerjakan semua. Terus apa tugas bapak di kala itu, tetap masalah pedapuran tak pernah aku menyaksikannya. Bapakku mang tipe pekerja keras.. pokoknya kerja..kerja.. dan kerjaa.. dan kadang2 ngasih siraman kerohanian dan tentu saja di samping itu honeymoon dengan emakku :P, untuk masalah kedekatan memang kami lebih deket sama emak dari pada bapak..

Aku juga suka merhatiin n nanya2 tentang bapak mertua juga bapak2 seangkatan mereka, keknya sama.. masalah pedapuran bener2 samaa.. maksudnya sama2 gak terlalu ngeh. Tapi salutnya yah itu tapi bapak2 di jaman bapak itu adalah bapak2 pekerja keras yg bertanggung jawab memenuhi kebutuhan rumah tangga, terutama kebutuhan dapur :D mungkin kalo kita tanya kepada bapak2 ini sama bumbu2 dapur lom tentu suksess hahaha...sepertinya melakukan tugas2 tersebut di atas itu adalah hal yg tabu..

sekarang di era Dua ribuan..an
Setelah menikah tidak selang berapa lama aku langsung di boyong ke kuwait. Di sini aku banyak menyaksikan bapak2 yg ikutan turun ke dapur, bukan hanya karna pasangan yg sama2 bekerja, tapi istrinya yg gak kerjapun suami mereka gak segan2 untuk turun tangan, mungkin di samping karna mereka jauh dari keluarga, apa lagi kalo udah punya anak.

Aku juga sering liat pasangan yg sama2 masak di dapur, di sini bapak2 turun ke dapur, nyuci baju, piring beres2 segala halnya udah biasa, ampe beliin 'pempers' buat istrinya. Bahkan di pusat2 perbelanjaan banyak sekali bapak2 arab yg sendirian belanja ampe bertroley2, Bapak2 di indonesia seringkah anda melihat mereka turun ke pasar sambil menawar ikan?

Bapak2 dan abang2 sekalian.. tipe yg manakan anda? :P

Aku sangat bersyukur sekali, walo masku tersayang tercinta gak pandai masak tapi beliau gak sungkan2 ikutan obrak abrik pedapuran hahha.. gak dink.. maksudnya bantuin, apalagi kalo urusan cuci piring.. hemm.. kakinya bener2 kuat berdiri. kalo masalah bumbu mang sih perlu di asah2 lagi. Dolo beliau waktu ta tinggal kerja sempat bikin nasi goreng sendiri, trus katana habis makan sampai muntah adohww... cintaku.. nelongsooo sekali dikau..

Jujur daku sebagai seorang istri, di bantuin seperti itu sangattttttttttttt senang dan bahagia sekali, aku gak pernah menganggap bapak2 yg mau turun ke dapur bantuin istrinya derajat dan wibawanya menjadi rendah, mungkin saking sibuknya istri anda dia gak sempat meminta lagi atopun mengucapkan terima kasih kembali. dengan begitu juga dia tdk bermaksud memanfaatkannya saja supaya mereka bisa leha2. Beda kalo istrinya yg kerjanya keluyurannn saban ari.. ngegosip sana sini, ke salon tiada henti, ngamburin uang, hingga melupakan kewajibannya, nah bagian ini aku gak bisa komentar..

Perkerjaan di rumah itu mang gak ada habisnya, baju, cucian perabotan dan pernak perniknya beda kalo ktia tidak menyentuhnya sama sekali. Apalagi di saat anak sedang rawel, Walopun di selesaikan pada hari itu, besok lagi kita memulai pekerjaan yg sama yg mungkin tambah berat apa lagi kalo di biarkan numpuk2.. Seandainya anda membantunya mungkin anda bisa memberikannya sedikit waktu untuk istri merawat diri.

Jadi jikalau ada istri yg kucel2 trus suami tiba2 lirik wanita lain yg lebih hott *mangnya kompor* itu bukan kesalahan istri sepenuhnya, cuba koreksi lagi dari pihak suami, istri seperti itu kenapa? dari pada sibuk mikirin stok baru pa lagi sampai ngabisin uang buat orang baru mending kasih uang ke salonbuat istri biar dia bisa mempercantik diri dan beli baju2 baru, beli minyak wangi. Mungkin istri juga udah lupa beli2 seperti dia muda dolo karna pasti mikir lebih baik dibelikan kebutuhan pangan ato buat anak apalagi barang2 semakin mahalll, padahal mempercantik diri juga perlu.. kan ibadah yahh asal niatnya baik apalagi buat nyenengin suami.. :D

kadang suka heran juga seorang suamiyg suka ngeluh terhadap istrinya tanpa ngoreksi keadaan dia sendiri padahal dia punya banyak waktu untuk lebih memperhatikan dan membatu tugas istrinya, liat tubuh istrinya yg dah gak ramping lagi, gendut.. plus melar.. tubuh menghitam dan muka jerawatan, ngelirikpun seperti udah sungkan.. nohhhhhhhhhhhh.. dari pada ikutan sibuk buka kekurangan istri di hadapan orang sonoooo.. ajak istri anda ke gym sekalian BL, sekali2 jagain anak dunk.., bukankah istri sepertiitu karna pernah mengandung dan melahirkan buah cinta bersama?

sekarang aku sedang ngumpulin resep2 yg telah di kuasai suamiku yg layak untuk di makan, paling gak entar pas aku melahirkan beliau bisa gantiin tugasku memasak uhuks.. uhukss.., ini dia salah satunya..
kalo mo tau resepnya tanya aja ke yg bersangkutan :P

3 comments:

azfaAZ said...

wuih wuih....
ibu2 dan bapak2 teladan hehehe

471 said...

pasangan suami isteri ya...
hem salam kenal aja dah



http://471belajarnulis.blogspot.com/

raida said...

to azfa;
mari kita berdoa sama2 ya bang n mba yah.. buat kesehatan dan sejahteraan bapak2 dan emak2 tersebut di atas..amin..

to 471;
salam kenal juga...